Jumat, 11 Januari 2019

Penurunan IHSG dan Kemungkinan Kembali Naik

Penurunan IHSG yang saat ini terjadi memang sepenuhnya karena reaksi pasar terjadap apa yang ada saat ini di Indonesia. Beragam reaksi pasar memang sangat mengena banyak orang, terutama jika pasar positif maka akan timbul keoptimisan yang mengakibatkan banyak dana baru yang tertanam.

Penurunan IHSG
Penurunan IHSG
penurunan harga saham di bursa Indonesia tidak terlalu dalam seperti bursa negara berkembang lainnya seperti bursa Tiongkok yang jatuh lebih dari 22% atau Turki yang juga terkoreksi 21,89% sepanjang tahun ini. Terdepresiasinya mata uang global terhadap dolar Amerika Serikat (AS) membebani pergerakan bursa-bursa global. Ekonomi yang masih tumbuh 5%, terkendalinya laju inflasi di sekitar 3% serta masih menariknya imbal hasil investasi di pasar finansial domestik membuat IHSG tidak merosot terlalu dalam.

Akankah penurunan bursa saham ini mengganggu proyeksi ekonomi kedepan? Tentu saja tidak selama dapat terjaga dengan baik, Indonesia memiliki sejarah yang hebat dengan ini dan semoga semuanya kembali berjalan dengan baik dan konsisten untuk Indonesia yang maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar