Jumat, 11 Januari 2019

Film Indonesia dan Banyaknya Penonton

Film Indonesia yang saat ini terus tumbuh sudah sepatutnya diapresiasi oleh semua pihak. Hal ini bukan hanya karena film Indonesia yang memang berkembang secara cerita saja, namun secara teknologi juga saat ini terlihat semakin baik. Indonesia memiliki banyak sekali bakat yang terpendam, dan saat ini banyak tersalurkan di dunia layar lebar.

Film Indonesia
Film Indonesia
Perhitungannya seperti ini. Selama 2017, nilai pasar berbagai film yang beredar di Indonesia sebesar Rp 4,5 triliun. Khusus untuk film Indonesia, pasarnya sebesar 35% atau senilai Rp 1,5 triliun dengan jumlah 120 film. Dari angka ini, perkiraan rata-rata satu film perolehannya sekitar Rp 12,5 miliar.

Dari 120 film itu, ternyata jackpot atau sukses dengan satu juta penonton itu hanya 11 film, artinya satu banding sebelas. Jadi setidaknya saya harus berinvestasi kira-kira 10 film. Bila hanya investasi satu film, risiko gagalnya besar. Tapi, bila investasi 10 film, sudah pasti ada satu yang jackpot yang bisa menutupi kerugian ini.  Modelnya adalah melakukan manajemen risiko. Banyak yang berinvestasi di industri film yang tanpa pernah melakukan perhitungan yang matang.

Kabar gembira ini seharusnya bisa patut disyukuri oleh smeua pihak yang bergerak di Industri ini. Ada beragam kekurangan pastinya, namun semua masih memiliki celah yang bisa dimanfaatkan oleh semua pihak untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar