Selasa, 22 Januari 2019

Mengapa Fokus Prabowo Pada Penegakan Hukum

Penegakan Hukum menjadi salah satu fokus utama Presiden Joko Widodo jika dirinya kemabli terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pada pemilihan Umum 2019 mendatang. Jokowi mengaku tidak mudah untuk dapat menuntaskan beban pelanggaran HAM berat yang telah terjadi di masa lalu. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa kompleksits huum di dalam pembuktian kasus - kasus pelanggaran HAM yang terjadi menjadi penghambat dalam benderangnya penyelesaian kasus kejahatan Hak Asasi Manusia yang terjadi di masa lampau.
Penegakan Hukum
Penegakan Hukum

Menurut Presiden Joko Widodo, kasus pelanggaran HAM masa lalu tersebut seharusnya dapat diselesaikan dengan cepat apabila ketika setelah terjadi pelanggaran, aparat penegak hukum langsung melakukan tindakan. Meskipun demikian, Presiden Joko Widodo tetap berkomitmen untuk dapat menyelesaikan sejumlah masalah pelanggaran HAM yang terjadi di amsa lampau.

Adapun cara yang diutarakan oleh Jokowi adalah dengan reformasi kelembagaan dan juga penguatan sistem manajemen hukum di Republik Indonesia. Jokowi menyebutkan bahwa Negara harus didukung oleh sistem hukum yang berkeadilan dan supremasi hukum melalui tindakan reformasi kelembagaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar