Sabtu, 15 Desember 2018

Seperti Apa Indeks Demokrasi Jakarta

Indeks Demokrasi Kota di Indonesia diduduki oleh Ibu Kota DKI Jakarta sebagai kota dengan indeks demokrasi tertinggi yang diikuti oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Utara. Sebelumnya Jakarta termasuk dalam kota yang paling intoleran, akan tetapi dengan masuknya Jakarta sebagai kota yang paling demokratis sangat mengobati image Kota yang dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan ini.
Indeks Demokrasi
Indeks Demokrasi

Dari sebanyak 34 Provinsi di Indonesia, Pemprov DKI Jakarta telah meraih nilai tertinggi dala hal Indeks Demokrasi Indonesia tahun 2017. Penghargaan indkes demokrasi tertinggi ini diberikan oleh Wiranto, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies Baswedan juga sangat mengapresiasi kepada tim penilai indeks demokrasi yang telah melakukan kajian terkait indeks demokrasi dan mengapresiasi penghargaan yang diberikan untuk warga Jakarta tersebut. Anies Baswedan juga menyebutkan bahwa angka penilaian yang keluar pada indeks tersebut ditunjukan dalam 3 aspek. 3 aspek tersebut yakni aspek indeks kebebasan sipil, aspek indeks hak politik, dan aspek indeks lembaga - lembaga demokrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar