Minggu, 09 Desember 2018

Nilai Inflasi November 2018

Kenaikan Inflasi November masih dalam batas yang wajar. Sebagian orang mungkin sangat merasa takut jika mendengar atau membaca suatu berita yang berisikan kabar mengenai terjadinya suatu inflasi ekonomi pada suatu negara. Padahal nyatanya, inflasi itu diperlukan untuk emningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan syarat inflasi tersebut masih dalam batas wajar dan dapat dikendalikan dengan baik.
Inflasi November
Inflasi November

Terjadinya inflasi tidak lepas dari pengaruh perekonomian dalam nbegeri dan luar negeri. Kelangkaan barang, banyaknya uang beredar, tingginya perimntaan bisa menjadi pemicu besar terjadi inflasi di suatu negara. Oleh kerenanya, Pemerintah harus pintar dalam mengendalikan inflasi, agar daya beli terjaga, pasokan barang aman, dan perekonomian mampu tumbuh dengan baik.

Seperti yang diketahui, berdasarkan data dari badan pusat statistik menunjukan bahwa inflasi november 2018 sebesar 0,27% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni Oktober 2018 (MoM). Sementara itu, berdasarkan inflasi tahun kalender yang terjadi semenjak bulan Januari sampai dengan November 2019 telah terjadi inflasi sebesar 2,5% dan jia dilihat dari inflasi tahunan maka telah terjadi inflasi sebesar 3,23% dengan perbandingan bulan November 2017 terhadap November 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar