Minggu, 09 Desember 2018

Dimana Pengobatan Penderita HIV

Jumlah Penderita HIV yang masih enggan menggunakan pengobatan terapi ART atau antiretroviral masih sangat banyak. Setidaknya sebagian besar penderita ODHA atau orang dengan HIV/AIDS sebanyak 85% masih tidak mau emnggunakan alat terapi ART ini. Untuk diketahui, sebanyak 15% atau 96.298 ribu jiwa dari total 630 ribu jiwa penderita HIV sudah mau menggunakan metode terapi antiretroviral ini.
Penderita HIV
Penderita HIV

Verdy Teek, Manajer Riset Jaringan Indonesia Positif menerangkan bahwa minimnya penderita HIV yang mau emlakukan terapi ART adalah dikarenakan kurangnya informasi secara benar dan juga pemahaman yang tepat terkait HIV maupun terapi ART ini. Penderita HIV merasa khawatir jika terapi ART dapat menimbulkan berbagai efek samping. Kondisi ini diperparah dengan dengan buruknya informasi yang diterima penderita HIV di Media sosial terkait terapi ART ini.

Verdy juga menjelaskan bahwa informasi keliru tersebut yang membuat teman - teman penderita HIV enggan untuk terapi ART. Selain itu, penderita HIV juga terkendala biaya jika ingin menggunakan terapi ART. Meskipun terapi ART ditanggung oleh BPJS KEsehatan, namun banyak dari penderita HIV tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan dan juga belum memiliki pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar