Senin, 31 Desember 2018

Alasan Inalum Kuasai Saham PT Freeport

Mayoritas Saham PT Freeport Indonesia akhirnya dikuasai oleh Indonesia. Dengan ini maka PT Inalum (PT Indonesia Asahan Aluminium) telah melunasi pembayaran untuk divestasi saham PTFI (PT Freeport Indonesia) dnegan nilai sebesar 3,8 miliar dolar Amerika Serikat. Dengan adanya pelunasan pembayaran divestasi ini maka Indonesia telah resmi menjadi pemilik saham mayoritas PT Freeport Indonesia.
Saham PT Freeport
Saham PT Freeport

Untuk diketahui, PT Freeport Indonesia adalah salah satu perusahaan tambang emas dan nikel yang terbesar di dunia. Dan dengan adanya pelunasan tersebut maka komposisi pemegang saham PT Freeport pun telah berubah. Komposisi tersebut yakni PT Inalum (PT Indonesia asahan alumunium) memiliki saham sebesar 26,2%, PT Indocooper Investama (PTII) sebesar 25% dan sebanyak 48,8% milik Freeport McMoran (FCX).

Dari komposisi tersebut, untuk diketahui bahwa selain menjadi peegang saham langsung freepot, PT Inalu juga memiliki saham secara tidak langsung sebesar 15 Freeport Indonesia melalui PTII / PT lndocooper Investama. Maka jika ditotal secara keseluruhan artinya saha yang dimiliki oleh Inalum adalah sebesar 41,2% saham Freeport Indonesia. Sisanya, saham freeport dimiliki oleh Pemerintah daerah setempat baik Kabupaten maupun Provinsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar