Senin, 31 Desember 2018

Angka Indeks Persepsi Korupsi Indonesia

Di tahun 2017, Indeks Persepsi Korupsi Indonesia termasuk ke dalam kategori yang rendah, yakni berada diurutan 98 dari sebanyak 180 negara yang ikut dalam survey indeks persepsi Korupsi. Hal ini tercermin dari data yang dirilis dari Transparency.org yang menyebutkan bahwa indeks persepsi korupsi nasional berada pada level 37 dari skala 0 sampai dengan 100.
Indeks Persepsi Korupsi
Indeks Persepsi Korupsi

Artinya, semakin kecil indeks atau jika indeks semakin mendekati angka 0 maka mengidnikasikan bahwa korupsi di negara tersebut semakin tinffi. Namun apabila mendekati angka 100 maka menunjukan negara tersebut semakin bersih dari korupsi. Penyebab yang menjadikan Indeks persepsi korupsi Indonesia masih rendah adalah karena adanya kasus korupsi yang menjerat politikus atau orupsi di sektor politik dan juga penegakan hukum.

Indonesia terpaut 28 poin dari Somalia yang memiliki indeks sebesar 9 poin atau sebagai negara dengan indeks persepsi korupsi yang paling rendah. Sementara itu, Indonesia terpaut sebanyak 52 pioin dari selandia baru yang mendapatkan skor indeks persepsi korupsi tertinggi yakni sebesar 89 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar