Senin, 19 November 2018

Penguatan Kurs Rupiah Dan Dana Asing

Masuknya Dana Asing kedalam ranah investasi tanah air, membuat gairah pertumbuhan ekonomi kemabli meningkat. Dengan masuknya dana asing ini membuktikan bahwa kepercayaan asing terhadap perekonomian tanah air kembali membaik, Hal positif lainnya yang terjadi adalah meskipun terjadi fenomena masuknya dana asing ke perekonomian tanah air, malah membuat rupiah semakin menguat.
Dana Asing
Dana Asing

Selain itu suku bunga acuan BI Rate juga diramal tetap stabil. Meskipun demikian, defisit transaksi berjalan dilaporkan terus melebar. Namun, kondisi ini tidak akan memaksa Bank Indonesia untuk menaikkan bunga acuannya hanya untuk menekan tingginya angka impor akibat dari aktivitas ekonomi. Hal ini dikarenakan Bank Indonesia telah memperhitungkan defisit transaksi berjalan sebelum terjadinya fenomena ini.

Dalam waktu dekat kedepannya, sejumlah proyeksi menyakinkan bahwa Bank Indonesia akan selalu menjaga selisih suku bunga acuannya dengan suku bunga acuan the Fed (interest rate differential) pada rengatangan angka sebesar 300 sampai dengan 350 basis poin. Namun apabila terjadi adanya tekanan yang sangat besar maka Bank Indonesia perlu untuk berupaya menjaga selisih Fed Fund Rate pada kisaran angka 450 basis poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar