Rabu, 24 Oktober 2018

Penyebab Blok Tengah Gabung Blok Mahakam

Awal Oktober 2018 ini menjadi sejarah dalam penggabungan blok (migas) tengah dengan Blok Mahakam. Pengelolaan Blok Tengah saat ini telah resmi bergabung dengan kontrak Migas Blok Mahakam. Sebelumnya, kontrak migas blok tengah telah berakhir pada tanggal 4 Oktober 2018 lalu.
Blok Mahakam
Blok Mahakam

Merger dua blok migas ini efektif dilaksanakan per tanggal 5 Oktober 2018, seperti yang dikatakan oleh Ida Yusmiati, Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina bahwa dulunya dua wilayan itu terpisah namun sekarang digabung menjadi satu. Padahal sebelumnya Pertamina juga sudah mengelola mogas Blok Tengah semenjak menjadi Operator pada sumur migas blok Mahakam 1 per 1 Januari 2018 lalu, namun sayangnya regulasi memaksa pertamina untuk menunggu kontrak migas blok tengah selesai.

Sedangkan kontrak blok mahakam sendiri telah berakhir tanggal 31 Desember 2017 silam. Ida juga mengungkapkan bahwa semejak dari dulu sebenarnya operator blok tengah tersebut dirangkap juga oleh Pertamina Hulu Mahakam. Hal ini dikarenakan aset blok tengah adalah unitisasi dengan blok migas mahakam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar